Tahapan Implementasi

Pada tahap ini UGM akan membantu fasilitasi beberapa workshop dan rapat seperti yang telah direncanakan pada Gambar 1. Tahap ini bertujuan untuk menyusun bab/chapters yang relevan dalam dokumen stranas. Ada 8 workshop yang direncanakan oleh tim konsultan UGM:

  1. Workshop 1. Stakeholder analysis

    Tujuan: (1) mengidentifikasi stakeholder kunci dalam pengendalian dengue; (2) mengkaji perspektif stakeholder terkait strategi dan program pengendalian dengue yang saat ini sudah dilaksanakan di level nasional maupun daerah; (3) mengidentifikasi tantangan dalam mengimplementasikan program pengendalian dengue saat ini. Target peserta: stakeholder (direktorat atau divisi yang relevan di Kemenkes), komli, ekspert, NGO, dan institusi lain yang relevan.

  2. Workshop 2. Situation analysis

    Tujuan: (1) menggali analisis situasi terkait beban, diagnosis dan manajemen kasus, pengendalian vektor, surveilans dan respon, sumber daya manusia, pembiayaan, sistem informasi, riset dan inovasi dengue; (2) mengidentifikasi kesenjangan antara hal-hal yang diharapkan dengan hal-hal yang telah diimplementasikan dalam program pencegahan dan pengendalian dengue. Target peserta: manajer/pelaksana program pengendalian dengue di level nasional, provinsi, maupun daerah (dengan beban kasus dengue yang tinggi); kelompok kerja operasional/pokjanal; ekspert; dan institusi yang relevan.

  3. Workshop 3. Strategic issue, objectives, and targets

    Tujuan: (1) menggali isu strategis maupun tantangan yang berkaitan dengan program pencegahan dan pengendalian dengue; (2) mengindentifikasi analisis strength, weakness, opportunity, and threat (SWOT); (3) memformulasikan tujuan dan target stranas dan indikator target tahunan. Target peserta: stakeholder (direktorat atau divisi yang relevan di Kemenkes), komli, provinsi/daerah dengan beban dengue yang tinggi, NGO, dan institusi lain yang relevan.

  4. Workshop 4. Strategies

    Tujuan: mengidentifikasi strategi utama pengendalian dengue untuk mencapai tujuan yang ditargetkan. Target peserta: stakeholder (direktorat atau divisi yang relevan di Kemenkes), komli, provinsi/daerah dengan beban dengue yang tinggi, NGO, dan institusi lain yang relevan.

  5. Workshop 5. Programmes

    Tujuan: mengidentifikasi program kunci/utama untuk masing-masing strategi. Target peserta: manajer/pelaksana program pengendalian dengue di level nasional, provinsi, maupun daerah (dengan beban kasus dengue yang tinggi); kelompok kerja operasional/pokjanal; ekspert; stakeholders; dan institusi yang relevan.

  6. Workshop 6. Implementation strategy and monitoring and evaluation (M&E)

    Tujuan: (1) mendiskusikan dan menentukan bagaimana program akan diimplementasikan, termasuk tanggal atau periode waktu, lokasi, populasi target, dan siapa yang akan mengimplementasikan; (2) menjabarkan indikator untuk mengkaji pencapaian tujuan dan target dalam stranas. Target peserta: manajer/pelaksana program pengendalian dengue di level nasional, provinsi, maupun daerah (dengan beban kasus dengue yang tinggi); kelompok kerja operasional/pokjanal; ekspert; stakeholders; dan institusi yang relevan.

  7. Workshop 7. Programme cost and budgeting

    Tujuan: (1) mereview kegiatan-kegiatan dari program yang akan dibiayai; (2) mengestimasikan biaya masing-masing kegiatan dan budget per kegiatan, tujuan, program, dan strategi. Target peserta: manajer/pelaksana program pengendalian dengue di level nasional, provinsi, maupun daerah (dengan beban kasus dengue yang tinggi); kelompok kerja operasional/pokjanal; ekspert; stakeholders; dan institusi yang relevan.

  8. Workshop 8. Financing

    Tujuan: (1) Menentukan kesenjangan pembiayaan antara kebutuhan dan budget yang dialokasikan; (2) mendiskusikan dan mengidentifikasi anggaran yang ada dan sumber anggaran yang potensial. Target peserta: manajer/pelaksana program pengendalian dengue di level nasional, provinsi, maupun daerah (dengan beban kasus dengue yang tinggi); kelompok kerja operasional/pokjanal; ekspert; stakeholders; dan institusi yang relevan.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.